Mitra Alam Munggaran

 

Ibu Ibu Desa Mandalamekar sedang melakukan pemeliharaan dan pembersihan di Hutan Lindung Karang Soak

Ibu Ibu Desa Mandalamekar sedang melakukan pemeliharaan dan pembersihan di Hutan Lindung Karang Soak

Pada awal tahun 2002 dilaksanakan kegiatan penanaman di pusatkan pada daerah sumber air, yang bertujuan untuk menjadi sumber air agar tetap lestari. Kegiatan ini dilakukan secara mandiri oleh Pemuda “Mitra Alam Munggaran” dimulai dari kampung Cinunjang. Kondisi lahan daerah ini tanah batuan cadas sehingga rawan tingkat kekeringan. Selain itu sumber air berkurang.

Konflik sumber daya alam mulai terasa seperti rebutan sumber air untuk persawahan, kebutuhan mandi/cuci dan kolam. Tidak terasa hal tersebut sering terjadi dan terus berulang tanpa menyadari bahwa sesungguhnya yang menjadi masalah adalah debit air yang semakin hari semakin berkurang

Melihat kenyataan daerahnya seperti itu, Kelompok Mitra Alam Munggaran tergerak untuk berupaya mengantisipasinya dengan gerakan penghijauan mandiri. Pada awal kegiatan banyak sekali tantangan secara internal dan eksternal.

Pohon Jati putih dan manglid yang ditanam oleh warga yang mengumbara ke kota

Pohon Jati putih dan manglid yang ditanam oleh warga yang mengumbara ke kota

Tetapi kelompok pemuda Mitra Alam Munggaran terus melakukan kegiatan penghijauan tanpa mengenal lelah dan tidak  berharap imbalan. Para pemuda ini berjuang menghijaukan alam selama 6 tahun tanpa berhenti berjuang, akhirnya banyak simpatisan perantau yang berasal dari daerah ini membantu secara moral maupun materi. Dimulai dari lingkungan keluarga dan akhirnya masyarakat mulai melihat hasilnya dan mendukung gerakan “Mitra Alam Munggaran”. Motivasi juga kesadaran masyarakat mewujudkan harapan baru dalam mencapai keberhasilan mengembalikan fungsi sumber air. Bahkan ada warga yang memberikan tanahnya untuk diwakafkan sebagai lahan hutan lindung air.

4 Responses to “Mitra Alam Munggaran”

  1. Intsia Says:

    Sepertinya masih banyak potensi Mandalamekar yang belum disuguhkan dalam bentuk tulisan dan gambar di blog ini. Eskplorasi potensi desa yang khas perlu dilakukan dlm memperkaya informasi publik berbasis desa.

    • mandalamekar Says:

      Terima kasih,.. kami sedang berusaha membangun media ini lebih baik dan memudahkan bagi pembaca untuk mengetahui aktivitas kami di Desa.. kami akan terus berkreasi sampai informasi dari Desa dapat dijadikan proses pembalajaran di media ini. terima kasih

  2. Chickiray Says:

    Sakedap deui tos usumna tataneman, pami saurang nancebkeun satangkal we di bumi mandalamekar, insya Alloh 10 tahun kapayun bakal aya rebuan tangkal saluhureun cangkeng nu gendut nu bakal nyimpen cai kanggo usum halodo….. teraskeun ah, mang ta….

  3. diman Says:

    muhun leres pisan,kantenan mumpung masih muda mah mangga gera melak kayu,aya paribasa pami hoyong kaya kedah melak kayu ,kaya teh seer hartosna pami nu ngartos mah leres teu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: