Potensi Desa

 

 

Curug Sawer di Dusun Mekarjaya, Desa Mandalamekar

Curug Sawer di Dusun Mekarjaya, Desa Mandalamekar

Alam (Hutan, Air terjun, Gua)

Kondisi alam desa Mandalamekar yang asri sangat ditunjang dengan ciri khas pedesaan tempo dulu, dimana kalau anda berkunjung ke daerah ini akan merasakan suasana khas dengan iringan kecapi suling khas cianjuran. Bahkan lagu khusus daerahnya yang terkenal ialah lagu Cinunjang yang lembut mendayu. Desa Mandalamekar selain seni banyak juga budaya yang berbeda dengan daerah lainnya. Untuk lebih jauh mengetahuinya maka datanglah ke desa Mandalamekar….! Keunggulan lainnya dari desa Mandalamekar adalah banyaknya objek wisata yang masih alamiah serta prospektif untuk dikembangkan. Produksi kelapa asal desa ini memiliki kwalitas yang lebih baik, karena sejak dulu digunakan untuk dijadikan minyak berkwalitas, sedangkan dari hasil pertanian lainnya yaitu buah manggis, durian juga buah-buahan yang sangat spesifik.

Pada saat ini dari dan juga merupakan prospek yang paling cerah adalah jenis kayu yang sudah ditanam dilahan-lahan sebagai hutan rakyat untuk bidang lain adalah aneka jenis tanaman bambu yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan daerah lainnya.

Hutan Lindung Pasir Salam yang dipelihara atas inisiatif Mitra Alam Munggaran

Hutan Lindung Pasir Salam yang dipelihara atas inisiatif Mitra Alam Munggaran

Aneka kerajinan tangan dari desa Mandalamekar  mempunyai ciri khas tersendiri, seperti bordir, anyaman, mebel, dan patung. keterampilan diperoleh karena para orang tua di Desa Mandalamekar yang menjadi pengrajin trampil di berbagai daerah dan meneruskan keahlian tersebut kepada generasi penerusnya. 

Sejarah (Budaya dan Islam)

Hingga sekarang bekas peninggalan sejarah tetap utuh diantaranya gua dan makam keramat yang masih terpelihara dengan baik, karena disebagian wilayah daerah berbentuk batuan karang. Maka pada jaman dahulu dijadikan tempat menyucikan diri. Dusun Cinunjang, dusun Cilingga, Pasir Salam dan Pasir Bentang serta air Terjun Cinunjang mengalir ke sungai Ciwulan (DAS) mempunyai makna terpenting apabila dikaji secara filosofi bagi hidup manusia dan demikian juga dengan arti dari Gua yang ada untuk kajian Qalbu. Serta Pasir Salam dan Pasir Bentang banyak menyimpan sejarah. Tempat lainnya adalah Makom para ulama Islam yang diperkirakan sejak Tahun 1700 sesuai perkembangan agama Islam di Jawa Barat.

Dengan adanya gua Tasbih juga Gua Mesjid. Serta gua lainnya yang mempunyai untuk ilmu pengetahuan tentang eksistensinya


%d bloggers like this: