Penduduk

Warga Dusun Cinunjang sedang kerja bakti membuat Jalan dari Pasir Bihbul menuju Cimanggu

Warga Dusun Cinunjang sedang kerja bakti membuat Jalan dari Pasir Bihbul menuju Cimanggu

Penduduk desa Mandalamekar berjumlah 3191 jiwa dari jumlah ini 1653 jiwa laki-laki dan 1519 jiwa perempuan dengan 860 kepala keluarga. Bila dibandingkan dengan luas wilayah  maka tingkat hunian di desa Mandalamekar 5 orang/Km2 sehingga cocok untuk pemberdayaan hutan rakyat dan hutan produksi, mayoritas mata pencaharian penduduk dari bertani, berdagang, jasa dan PNS. Kegiatan kehutanan sebagai langkah awal yang tepat di desa Mandalamekar.

Masyarakat Desa Mandalamekar secara Gorong Royong memperbaiki infrastruktur jalan yang dilaksanakan secara mandiri. Karena kondisi jalan yang dilalui menuju desa Mandalamekar kondisinya sangat memprihatinkan, sedangkan bantuan infrastruktur belum  kunjung tiba yang melalui daerah Parung Jagong, desa Kersagalih, karena setiap hari jalur transportasi melalui jalan ini. Sedangkan jalur jalan yang melalui desa Kertarahayu yang sudah ada perbaikan, terlalu memutar, maka warga masyarakat melaksanakan kerja bakti dengan peralatan seadanya. Bagi warga desa Mandalamekar jalur lalu lintas ini sangat potensial untuk lajunya perekonomian desa lebih lancar.

Mang Enal sedang membajak sawah di Sawah Arda Dusun Cinunjang

Mang Enal sedang membajak sawah di Sawah Arda Dusun Cinunjang

Bahkan untuk mewujudkan sarana jalan warga bekerja keras memperbaiki jalan siang dan malam, sampai bermalam selama 3 hari 3 malam demi mewujudkan lancarnya transportasi. Daya juang dan kegiatan gotong royomg masyarakat desa Mandalamekar tidak pernah luntur untuk terus melakukan perbaikan tatanan di segala bidang, karena jalur yang baik tentu akan mempermudah sarana transportasi yang akan meningkatkan perekonomian desa Mandalamekar lebih maju dan berkembang.

Penduduk Desa Mandalamekar mempunyai tekad yang sangat besar untuk meraih pendidikan setinggi tinggi. Rata rata pendidikan di Desa Mandalamekar cukup tinggi (minimal SMU) padahal kalau dilihat dari kondisi desa yang tidak mempunyai infrastruktur jalan dan pendidikan yang baik selama ini cukup merepotkan penduduknya untuk menggapai tingkat pendidikan lebih baik.

Murid SD Mandalamekar sedang ikut upacara HUT RI di Lapangan Desa Mandalamekar

Murid SD Mandalamekar sedang ikut upacara HUT RI di Lapangan Desa Mandalamekar

Sebelum SMP negeri 2 Jatiwaras berdiri di Desa Mandalamekar, siswa SMP harus menjalani proses pendidikan dengan berjalan kaki di perbukitan sejauh 7 – 9 KM untuk mencapai SMP negeri terdekat (SMPN Cibalong).

Berikut lembaga pendidikan formal dan non formal di Desa Mandalamekar

  • SMP Negeri 2 Jatiwaras
  • SDN Mandamekar
  • SDN Cinunjang
  • SDN Taman Sari
  • SDN Jayamekar
  • TK Mandalamekar
  • TK Jayamekar
  • TPA
  • Pesantren di Mekarjaya, Cilingga dan Cinangsi

Microsoft Word - DATA KEPENDUDUKAN.doc


%d bloggers like this: