Pemerintah Desa Mandalamekar Selenggarakan Pelatihan Open Source

Mandalamekar, Perangkat desa dan warga Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikalaya, Jawa Barat, mengikuti pelatihan piranti lunak sumber terbuka (open source) pada hari Minggu (28/5/2011). Pelatihan difasilitasi oleh Tim COMBINE Resource Institution (CRI), Yogyakarta  bertempat di studio Radio Komunitas Ruyuk FM, Desa Mandalamekar.
Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan open source yang diikuti oleh Kepala Desa Mandalamekar, Yana Noviadi (43) pada awal Mei 2011 di Infest Yogyakarta. Pelatihan  ini rencananya akan berlangsung hingga 31 Mei 2011.
Menurut Yana Noviandi (43), kegiatan ini untuk mewujudkan gagasan Mandalamekar Go Open Source (MGOS) yang dicanangkan pada awal bulan Mei 2009. MGOS merupakan bukti keseriusan Pemerintah Desa Mandalamekar untuk mendukung program Pemerintah Republik Indonesia dalam kemandirian teknologi (Indonesia Go Open Source) yang telah dicanangkan 30 Juni 2004.
Diawal pelatihan para peserta mempelajari instalasi sistem operasi Ubuntu 10.04, penggunaan internet dan modem,  penggunaan aplikasi audio dan video, dan aplikasi kantoran Open Office yang langsungsung dipraktekan dalam sistem impormasi Pemerintah Desa Mandalamekar.
“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Dengan menggunakan sistem open source (linux), kami lebih bersemangat bekerja karena data yang disimpan jauh lebih aman. Sebelumnya, data Pemerintah Desa Mandalamekar sering terkena virus sehingga kami harus mengetik ulang hal yang sama,” ujar Priat Sukmana (42), Perangkat Pemerintah Desa Mandalamekar di sela-sela pelatihan.
.
Serangan virus menurunkan semangat kerja dan mengganggu pelayanan terhadap masyarakat. Pembuatan laporan ke tingkat kecamatan atau kabupaten juga sering tersendat.
“Padahal kami menggunakan perangkat lunak sistem berbayar, “ lanjut Priat
Sementara itu, Sandi Kamal (34), warga Desa Mandalamekar mempertanyakan kemauan Pemerintah yang telah mencanangkan program kemandirian teknologi. Hingga kini, pemerintah justru mempertahankan penggunaan piranti lunak berbayar yang terbukti tidak aman.
“Setelah mempelajari sistem open source, saya merasa tidak ketinggalan. Data yang kita simpan lebih terjamin keamanannya. Teknologi ini mendukung kreativitas anak muda di bidang teknologi informasi dan komputer, terlebih kita bisa mendapatkannya secara gratisan,” ujarnya.
Kepala Desa Mandalamekar ,Yana Noviadi (43), mengaku senang dengan antusias pemerintah Desa Mandalamekar dan warga yang mengikuti pelatihan. Pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan warga dalam dunia teknologi informasi dan komputer,

“Mudah-mudahan pelatihan ini akan mempercepat terwujudnya gagasan Mandalamekar Go Open Source (MGOS), “ pungkasnya.

2 Responses to “Pemerintah Desa Mandalamekar Selenggarakan Pelatihan Open Source”

  1. Asep Says:

    ass… wilujeng kenal sim kuring ti desa parung

  2. vina eriyandi Says:

    Alhamdulillah sae pisan gerakan go open sourcena. salam kenal ti Sim Kuring kawit ti desa Papayan nuju ngumbara ka sebrang. Maju terus Open Source Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: