Gugup dan Tegang, Peserta UN di SMPN 2 Jatiwaras Banyak Alami Kesalahan

Desa, Ruyuk FM.  Hari ini (25/4), para siswa SMPN 2 Jatiwaras di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengikuti hari pertama Ujian Nasonal pelajaran Bahasa Indonesia. Rasa gugup dan tegang terlontar saat Ruyuk FM melakukan wawancara singkat dengan sejumlah siswa saat meninggalkan masing masing kelas. Abdul Aziz, siswa asal Mekarjaya, Desa Mandalamekar menyampaikan bahwa dirinya merasakan gugup dan tegang saat pertama kali mendapatkan soal ujian.

“Saya tidak yakin dengan beberapa soal ujian, karena saat UN dimulai perasaan gugup datang tiba tiba,”ujar Aziz.  Hal yang sama disampaikan seorang siswa perempuan asal yang sama, dimana perasaan gugup membuat dirinya mengalami kesulitan dalam mengisi soal UN.

Kesalahan-kesalahan teknis yang dilakukan siswa karena gugup dan tegang menjadi perhatian para pengawas UN. Kebanyakan para peserta melakukan kesalahan pada saat mengisi kode mata pelajaran, nama dan saat mengisi lembar jawaban. “Bayangkan kami menemukan dalam satu kelas  terdapat 5 siswa yang melakukan pengisian mata pelajaran dan nama siswa dengan benar, sisanya kami meminta para siswa untuk memperbaikinya” ujar perwakilan guru pengawas dari SMPN 3 Jatiwaras.

Menurut Panitia UN, Ade Priatna, S.Pd, kesalahan teknis yang dilakukan oleh para peserta UN akan berdampak pada kegagalan siswa untuk lulus karena sistem tidak dapat membaca hasil kerja siswa tersebut. Sehingga panitia meminta dengan sungguh sungguh kepada para pengawas untuk mengi

Siswa SMPN 2 Jatiwaras sedang mengikuti UN 2011

ngatkan, mengecek dan memperbaiki kesalahan teknis tersebut yang akan berakibat fatal bagi para peserta UN.

“Kami pernah mengalami kejadian serupa beberapa tahun lalu dimana seorang siswa yang cukup berprestasi dan masuk sepuluh besar tidak melakukan pengisian dengan benar hingga siswa tersebut tidak lulus, kami dapat merasakan penderitaannya”tegas Ade.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: