Tim Ruyuk ngiring Pelatihan Bambu di Cibinong

Peserta Pelatihan bambu sedang mengikuti acara pembukaan dan ajang motivasi

Cibinong, Ruyuk FM. Anggota Mitra Alam Munggaran mengikuti Pelatihan pengolahan Bambu di Yayasan Bambu Indonesia (YBI), Cibinong, Kabupaten Bogor pada tanggal 19 – 21 April 2011. Nurjani, Makmur, dan Dian adalah 3 peserta dari 20 peserta yang berasal dari Indramayu, Bogor, Sukabumi, Garut, dan Tasikmalaya yang difasilitasi oleh Yayasan Kehati, YBI dan Alstom. Menurut Nurjani, keberadaan team dari ruyuk telah mewarnai proses pelatihan yang sangat padat, beragam dan penuh dengan budaya kesundaan tentang bambu.

“Banyak hal kami lakukan seperti mengetahui filosofi pohon bambu, menanam bambu, memelihara, cara dan waktu menebang, pengawetan secara alami dan mengolah bambu menjadi produk produk unggulan dan layak untuk diperjualbelikan,” ujar Kang Jani.

Nurjani, Makmur dan Dian sedang berpose di depan rumah bambu yang jadi tempat tinggal peserta

Pelatihan bambu juga diliput langsung oleh 3 stasiun televisi sehingga proses pelatihan benar benar dipersiapkan secara matang. berbagai kegiatan yang masuk dalam persiapan pelatihan diliput secara rinci. Dian, anggota ruyuk yang ikut pelatihan mengatakan dirinya benar benar merasakan atmosfir yang kuat selama pelatihan berlangsung.

“Kami dilatih bukan saja tentang bambu, tapi kami dilatih mental dan fisik agar benar benar merasakan dan berempati dengan bambu itu sendiri, kami senang mengikuti seluruh proses pelatihan tahap demi tahap sehingga pengetahuan dan keahlian ini bisa ditularkan kepada warga Mandalamekar,” terang Dian penuh semangat.

Sementara itu Kepala Desa Mandalamekar, Yana Noviadi berharap kepada tim Ruyuk yang ikut pelatihan dapat menggunakan pengetahuan dan keahliannya demi kemaslahatan warga Desa Mandalamekar. bahkan dirinya sudah mengajukan beberapa lokasi di wilayahnya untuk dijadikan lokasi budidaya bambu bagi Desa Mandalamekar.

“Saya minta Kang Jani, Makmur dan Dian untuk membuat rumah contoh dari bambu agar masyarakat dapat melihat dan belajar dari hasil pelatihan selama 3 hari di Cibinong, apalagi Kang Jani pernah ikut pelatihan yang sama selama beberapa minggu di Jogjakarta beberapa waktu sebelumnya,” jelas Yana.

One Response to “Tim Ruyuk ngiring Pelatihan Bambu di Cibinong”

  1. belekek Says:

    sok der ah..ngadamel saung awi kanggo piparantieun kempel ari boboran…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: