SMP N 2 Jatiwaras Siap Ikut Ujian Nasional

Kepala Sekolah SMPN 2 Jatiwaras, Suryana Alwardi, S.Pd, M.Pd

Desa, Ruyuk FM, Sebanyak 123 siswa kelas 9 (sembilan) SMPN 2 Jatiwaras di Desa Mandalamekar siap mengikuti Ujian Nasional SMP yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 April 2011. Kepala Sekolah SMPN 2 Jatiwaras, Bapak Suryana Alwardi, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa siswanya siap mengikuti 4 mata pelajaran yang diujiankan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

“Siswa sudah digembleng sedemikian rupa oleh para guru agar siap mengikuti ujian berupa pengayaan, try out dan pembahasan soal soal ujian tahun sebelumnya,” ujar Kepsek dengan penuh keyakinan.

Bapak Suryana menjelaskan selama ini siswa sekolahnya mempunyai pengalaman bagus dalam Ujian Nasional dengan tingkat kelulusan 100 persen. Seperti tahun tahun sebelumnya para siswa giat melakukan konsultasi, les dan menambah jam pelajaran bagi mata pelajaran tertentu.

“Alhamdulillah berkat keseriusan siswa dan dukungan semua pihak seperti doa orang tua dan masyarakat, selama ini siswa yang ikut UN, semuanya selalu lulus dan berprestasi,” jelas Suryana.

Bagi dirinya, keberhasilan kelulusan 100 persen sebelumnya menjadikan tingkat kepercayaan para siswa yang akan ikut UN 2011 semakin besar. Tingkat keberhasilan itu menjadikan SMPN 2 Jatiwaras telah ikut mendukung program wajib belajar 9 tahun yang diprogramkan Pemerintah Indonesia terutama di sekitar Desa Mandalamekar.

“Selain Desa Mandalamekar, ada 2 desa lagi yang mengirimkan warganya ikut berpendidikan disini yakni Desa Kertarahayu dan Mandalahurip,” jelasnya.

Sementara itu menurut guru Matematika, Ade Supriatna, S.Pd, ada 2 Siswa SMP 2 Jatiwaras tidak mengikuti UN karena sudah Drop Out sebelum UN digelar. Sebelum DO ke dua siswa tersebut jarang melakukan“Pihak sekolah sudah melakukan berbagai pendekatan seperti silahturahmi kepada kedua orang siswa, bertanya langsung kepada siswa yang bersangkutan alasan drop out menjelang UN dan membuat pernyataan secara tertulis alasan berhentinya proses belajar siswa tersebut di SMP,” terang Ade dengan penuh keprihatinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: