PNPM Menembus Keterisolasian Kampung Cimanggu

Jalan Cimanggu - Pasir Bihbul saat sebelum dilakukan pemadatan

Ruyuk FM, Sekitar 28 KK masyarakat Kampung Cimanggu, Dusun Cinunjang, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya sedang bersukacita setelah pembangunan jalan menuju ke kampungnya dapat dilewati kendaraan. Jalan sepanjang 900 meter tersebut didanai dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Tahun 2010 dengan konstruksi pemadatan batu kali. Ketua RT 02, bapak Wardin mengatakan bahwa Jalan baru tersebut merupakan cita cita lama warganya yang selama ini pemukiman tersebut terisolasi.”Pembangunan jalan ini mulai dari awal dan dikategorikan jalan baru, sehingga begitu menguras dan menghabiskan tenaga, pikiran dan waktu bagi warga Cimanggu” Ujarnya penuh haru. Tapi dirinya dan seluruh warga telah merasakan kegembiraan yang tiada kira karena jalan tersebut akan memudahkan bagi warga sekitar untuk berkegiatan yang selama ini setiap mau mengirim hasil hasil pertanian, warga Cimanggu hanya  menggunakan jalan pematang sawah sepanjang lebih dari 1 kilo meter.

Sementara itu menurut Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang sekaligus Kepala Dusun Cinunjang, Dedi Sugihtiwa, Jalan desa menuju pemukiman satu ke-RT-an tersebut merupakan program Desa Mandalamekar untuk mengatasi keterisolasian warganya dan membuka wilayah tersebut dari sulitnya mengangkut hasil hasil pertanian dan kayu karena disanalah diperoleh banyak kayu-kayu gelondongan seperti sengon dan pohon lokal lainnya untuk diangkut ke kota. “Kini warga dapat merasakan tingginya harga kayu” kata Dedi penuh harap. Lebih lanjut Dedi menjelaskan bahwa jalan tersebut kini sudah dapat dipergunakan karena pihak panitia sudah menyerahkan hasil kegiatannya pada Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) di Balai Desa Mandalamekar pada tanggal 30 Maret 2011. “Saya sekarang merasa gembira karena pembangunan jalan baru ini telah selesai dan dapat dipergunakan, karena proyek tahun ini telah menyita banyak waktu bagi dirinya maupun warganya karena terganggu oleh cuaca hujan yang terus menerus hingga penyelesaian programnya makin molor hingga 3 bulan” jelas Dedi.

(laporan yang sama dapat dilihat http://suarakomunitas.net/baca/14078/pnpm-menembus-keterisolasian-kampung-cimanggu.html)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: