Longsor di Leuwi Bule dan Sawah Girang

Longsor di Leuwi Bule Dusun Mekarjaya telah memutus jalur transportasi bagi dan menuju Desa Mandalamekar

Jalan Longsor di blok Leuwi Bule Dusun Mekarjaya kembali terjadi pada hari Kamis, 5 Agustus 2010, pukul 02.00 WIB. Peristiwa tersebut akibat meluapnya sungai dan hujan lebat sepanjang malam dan siang di Wilayah Desa Mandalamekar. Akibat longsoran tersebut jalan menuju Desa Mandalamekar melewati Jamupu dan Anggalasan terputus. Menurut Kepala Dusun Mekarjaya Kang Entang kejadian longsornya jalan di Leuwi Bule bukanlah pertama kali tapi sejak tahun 2007 sudah 4 kali longsor di lokasi tersebut. “Kami sudah beberapa kali melakukan perbaikan seadanya dititik longsor tersebut. kejadian malam ini benar benar menghancurkan jalan tersebut”. katanya.

Warga dan Aparat Dusun bahu membahu memperbaiki jalan longsor walaupun disadari oleh warga hasilnya tidak akan maksimal.

Menurutnya kejadian longsor di Leuwi Bule sudah beberapa kali dilaporkan ke Pemda Kabupaten Tasikmalaya, tapi sampai saat ini belum ada tanggapan. “Jalan satu satunya kami masyarakat Mekarjaya melakukan Gotong Royong bekerja sama dengan Pengusaha setempat untuk memperbaiki jalan tersebut guna meringankan akses ke Desa Mandalamekar”. jelasnya. Walaupun hasil pekerjaannya tidak cukup untuk itu harus ada bantuan dari Pemda Tasikmalaya agar maksimal.

Kejadian Longsor yang menghancurkan akses jalan setapak ke pemukiman Cimanggu. nampak sungai dan sawah sudah kembali menyatu di sekitar Sawah Girang

Sementara itu hujan lebat juga membuat beberapa areal persawahan di Dusun Cinunjang tergenang. Beberapa petak Sawah Girang, Sawah Cibalier dan kolam kolam mengalami kerusakan karena meluapnya sungai yang ada. Bahkan menurut Kepala Dusun Cinunjang Kang Priat kejadian malam itu telah memutuskan jalan setapak Cinunjang menuju Cimanggu.

One Response to “Longsor di Leuwi Bule dan Sawah Girang”

  1. heri heryanto Says:

    keun sing salabar wae. omean deu sing leuwih kuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: