Ribuan Pohon di Tanam di Desa Mandalamekar

Anggota Mitra Alam Munggaran sedang mengangkut bibit Pohon untuk proses penanaman di Karang SoakPengangkutan benih dari kebun bibit desa bersama Mitra Alam Munggaran, untuk penanaman, upaya perawatan dan penyulaman terus dilakukan baik di Kawasan lindung Pasirsalam – Carulang dan 40 H Cagar Budaya Karang Soak. Sebanyak 3209 pohon Picung hasil penyemaian masyarakat, dan 2009 bibit Mahoni, Petai, Formis, Kemiri/Muncang, Gamelina, Gintung, Loa, Duren dll.

Mitra Alam Munggaran terus melakukan penanaman di hutan Karang Soak sejak bulan April sampai minggu pertama bulan Juli 2010. Penanaman ini dilakukan karena musim hujan tahun ini masih terjadi di Desa Mandalamekar. Kang Tata selaku ketua kelompok MAM menjelaskan bahwa anggotanya setiap hari minimal 6 orang terjun ke lokasi Karang Soak untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan. Bibit yang ditanam berasal dari pembibitan kelompok di Cikiray. “Kadang kami juga meminta kepada masyarakat yang punya bibit seperti mahoni untuk ditanam di Karang Soak” jelasnya.

Nampak Punduh Mekarjaya, kang Entang sedang melakukan penanaman dan pemeliharaan di Hutan Karang Soak

Kang Tata berharap penanaman dan pemeliharaan ini akan terus berlangsung sampai musim hujan berakhir dan tentu saja pemeliharaan akan dilaksanakan sepanjang tahun hingga tanaman tersebut mandiri dan kuat melawan tumbuhan merayap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: