PUSTU Mandalamekar melayani 4 Desa

Pustu Desa Mandalamekar

Pustu telah beroperasi sejak pebruari 2010, keberadaan pustu sangat membantu pelayanan kesehatan Masyarakat Mandalamekar, bahkan Desa tetangga seperti Mandalahurip, Kertarahayu dan Kersagalih. Menurut petugas kesehatan Pustu Desa Mandalamekar, Nopan karena ketidakmampuan masyarakat untuk berobat ke Rumasakit disamping hancurnya inprastuktur jalan banyak masyarakat yang memilih rawat inap di Pustu. ”Semua terpaksa dilakukan dan menginap karena tidak mungkin warga yang sakit harus kembali ke rumah yang cukup jauh dari Pustunya” katanya.

Nopan berharap rasanya pantas kalau Pustu di Desa Mandalamekar bisa ditingkatkan pelayanan dan peralatannya terutama bagi ke empat desa terisolir tadi. ”Keberadaan pustu akan menjadi pilihan pelayanan karena jauhnya dan hancurnya jalan sehingga masyarakat tidak bisa keluar dari desa mandalamekar” jelasnya. Menurutnya jangankan untuk orang sakit untuk yang sehat saja bisa sakit bila harus keluar dari desa Mandalamekar. Paling tidak bisa dibangun tempat rawat inap untuk 20  orang di samping ditingkatkan petugas kesehatannya, supaya pelayanan kesehatan bisa benar benar dirasakan atau berpihak pada rakyat.

3 Responses to “PUSTU Mandalamekar melayani 4 Desa”

  1. IBI Says:

    Bagaimana dengan polindesnya?Cukup mengkhawatirkan,padahal derajat kesehatan dilihat dari AKI AKB.Sampai sejauh mana kontribusi desa,dalam hal ini kepala desa terhadap program bidan desa?

    • mandalamekar Says:

      Nuhun tos berkontribusi kana kamajeungan lembur.
      Saat ini Desa Mandalamekar masih termasuk desa tertinggal. aparat dan masyarakatnya sedang berusaha membangun kekuatan untuk keluar dari cap IDT. salah satu yang jadi perhatian utamanya adalah pelayanan Kesehatan. keberadaan bangunan yang saat ini digunakan oleh bidan adalah bentuk swadaya dari masyarakatnya. sementara gedung polindes sangat memprihatinkan dan belum mendapat rehabilitasi. Pemerintah desa saat ini sedang terus memperkuat sdm seperti penyiapan kader kader ditingkat dusun dan sedang menuju desa siaga kedepannya. pos yandu setiap bulannya masih terus melayani anak anak di semua kedusunan.
      terima kasih

  2. heri heryanto Says:

    PUSTU, sae bangunana kalayan masih enggal keneh kantenan upami pagerna nganggo pagar tina tanaman sae geura katingalna langkung SEGAR….. punten ieumah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: