PNPM 2010 mendanai pembangunan Jalan dan Madrasah

Warga Dusun Cinunjang sedang kerja bakti membuat Jalan dari Pasir Bihbul menuju Cimanggu

Akhirnya Jalan Cimanggu sepanjang 900 meter dapat di danai dari Program Nasional Pemberdayaan Mandiri tahun 2010. Pengerjaan pembangunan pengerasan jalan tersebut di mulai pada akhir Juni 2010. Menurut pendamping PNPM Desa Mandalamekar kang Dedi, PNPM Jalan Cimanggu berupa peningkatan jalan giling basah dan saat ini masyarakat sedang giat giatnya bergotong royong menyediakan swadaya sejulah 25 % dalam bentuk partisipasi yang harus dipenuhi warga Cinunjang. Kang Mamat, ketua RT 3 Dusun Cinunjang menyampaikan bahwa semua warga Kampung Cinunjang mulai dari desa sampai lembur mendapat giliran untuk kerja bakti mencari dan memasang batu di sepanjang jalan Pasir Bihbul sampai Cimanggu. ”2 kali seminggu warganya harus meluangkan waktu untuk kerja bakti sesuai jadwal dan kerja bakti umum se Desa Mandalamekar setiap hari kamis” kata Kang Mamat.

Selain itu Kang Dedi selaku pendamping PNPM menjelaskan bahwa pada tahun 2010 ini selain Jalan Bihbul Cimanggu PNPM juga mendanai pembangunan Madrasah di Tamansari Dusun Mekarsari, kedua program ini dikerjakan dalam waktu yang bersamaan.

Sementara itu Desa Mandalamekar juga akan mendapat alokasi anggaran pembangunan yakni pengerasan jalan dengan sistem Rabat Beton sepanjang 300 meter. Pembangunan dan pengerasan jalan ini akan menyambungkan jalan yang sudah dibiayai oleh PNPM tahun 2009 yakni jalan yang mengakses dari Dusun Cinangsi ke Cinunjang yang waktu itu pengerasannya baru sampai sekitar pemakaman umum warga Cinangsi. Jalan sepanjang 300 meter ini akan menghubungkan pengerasan jalan dari Cinunjang menuju Cinangsi lewat Cilingga. Sehingga nantinya warga setempat tidak lagi merasa kesulitan mengakses jalan tersebut.

One Response to “PNPM 2010 mendanai pembangunan Jalan dan Madrasah”

  1. heri heryanto Says:

    Hidup jalan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: