Pupuhu Ki Sunda usul Nama Provinsi Jawa Barat jadi Pasundan

Pupuhu-sunda-2

Pupuhu Ki Sunda Evi Silviadi bersama tokoh adat Sunda

 

SUBANG – Puluhan tokoh masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat, mendeklarasikan Provinsi Pasundan untuk mengganti nama Provinsi Jawa Barat, di pelataran Gedung Wisma Karya Subang, Kamis malam (29/10) dalam acara Ruat Lembur dengan tema Panceg Dina Galur Ngajaga Sarakan.
Deklarasi tersebut secara langsung diserukan kepada seluruh nonoman Sunda (masyarakat Jawa Barat, red) agar mendukung upaya penggantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan. Mereka pun meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujuinya. Seluruh hadirin menyerukan kata “Hong!” tanda setuju.

Deklarasi tersebut, secara simbolis ditandai dengan pemberian benda pusaka Kujang dari Abah Karlan selaku tokoh masyarakat Nagara Banceuy dan Buya dari Pondok Pesantren Al-Istiqomah Sukabumi, kepada pupuhu (ketua) pangauban Ki Sunda, Evi Silviadi dan Ki Sunda Diki.

Puluhan tokoh masyarakat tersebut diantaranya datang dari Kampung Nagara Banceuy, Rancakalong, Cibedug Lembang, Cikokol Tangerang, Kampung Naga Sukabumi, Sukapura Tasikmalaya, Baduy Sagandu Indramayu dan kampung adat lainnya di Jawa Barat. Dalam sambutannya, tokoh masyarakat Sukabumi, Buya, menyerukan bahwa sudah saatnya para nonoman Sunda segera menjaga lembur, yakni tatar Pasundan agar terhindar dari berbagai bahaya. “Nonoman sunda tong aing-aingan hayu ngajaga sarakan, tatar pasundan (Masyarakat Sunda jangan egois, masing-masing, mari menjaga tatar pasundan, red),” katanya.

Pupuhu-sunda-4

Aki Rasdi tokoh masyarakat Desa Mandalamekar dan Yana Noviadi Kuwu Desa Mandalamekar ikut menjadi saksi pelantikan Pupuhu Pangauban Ki Sunda Baru Evi Silviadi

Sedangkan Pupuhu Pangauban Ki Sunda Evi Silviadi menegaskan bahwa pergantian nama Provinsi Jawa Barat dengan nama Pasundan, adalah hal yang tepat, sehingga Sunda tidak hanya dimaknai suatu daerah. “Sebenarnya Sunda itu bukan sekedar nama daerah atau geografis, tapi sunda adalah atikan (ajaran, red),” terangnya.
Evi juga menilai bahwa hari ini masyarakat Sunda sudah menjadi tamu di tempatnya sendiri. Terkalahkan oleh budaya barat, bahkan semakin banyak generasi muda yang tidak mengenal budaya sunda.
“Apalagi saat ini semakin banyak pembusukan terhadap Sunda. Adat sudan disamakan dengan dukun, orang miskin, kampungan bahkan disebut bukan Islam. Padahal Arab bukan berarti Islam,” tegasnya.
Menurutnya, penggunaan nama Jawa Barat bukan berarti salah, tapi penggunaan nama Pasundan dinilai lebih tepat. Hal tersebut yang sangat mungkin dilakukan seperti halnya penggantian nama Irian Jaya diganti Papua.

Sedangkan saat disinggung kemungkinan ada pihak yang tidak setuju dengan pergantian nama Jawa Barat menjadi Pasundan, Evi tetap merasa yakin dan tidak akan khawatir dengan hal tersebut. “Saya yakin akan didukung luas oleh masyarakat Pasundan. Jika ada yang tidak setuju itu aneh,” ujarnya.
Evi mengimbau agar seluruh nonoman Pasundan untuk bersama-sama mewujudkan pergantian nama Jawa Barat menjadi Pasundan. “Kita hidupkan kembali Sunda. Daerah di luar Jawa Barat juga seharusnya mendukung, karena banyak daerah yang dibesarkan dan di bantu. Dalam sejarah, pasukan Siliwangi Jawa Barat adalah pasukan tangguh yang ikut membantu peperangan di beberapa daerah di luar Jawa Barat, tatar Pasundan punya andil besar,” tuturnya.

Pupuhu-sunda-5

Atraksi seni budaya Sunda saat pelantikan dan deklarasi Pupuhu Ki Sunda

Dari pantauan Pasundan Ekspres (Grup Radar Cirebon) di lokasi deklarasi, selain di hadiri ratusan masyarakat adat dari berbagai daerah jawa Barat, kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias dari warga Subang. Suasana tengah kota tersebut tampak dipenuhi masyarakt yang ingin mengikuti acara deklarasi terseebut. Bahkan acara tersebut menjadi hal unik dan menarik perhatian, karena baru pertama kali digelar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, yang sebelumnya akan datang dalam deklarasi tersebut, berdasarkan informasi yang Pasundan Ekspres himpun dari panitia Ruat Lembur batal hadir disebabkan ada kegiatan lain. Sedangkan tokoh Jawa Barat lainnya, seperti Solihin GP, Iwan Sulandjana dan sebagainya hingga pukul 22.55 masih dalam perjalanan menuju Kota Nanas, Kabupaten Subang. Radar Cirebon (http://www.radarcirebon.com/nasional/nasional/284-deklarasi-provinsi-pasundan-.html)

10 Responses to “Pupuhu Ki Sunda usul Nama Provinsi Jawa Barat jadi Pasundan”

  1. Deni Suryana Says:

    satuju, da urang mah lain urang jawa, ngomong ge ku basa sunda,,,asa teu pantes mun disebut jawa barat!!!!geus ayeuna mah jadikeun provinsi pasundan!!!!!

  2. Roni jatnika Says:

    Satuju.

  3. Roni jatnika Says:

    @abdul rosid(osid):satuju…Pisan.Kantenan nu janten pupuhuna ki evi silviadi,anu gaduh visi n misi,ngaraharjakn rahayat,ngajaga budaya sunda tina datangna budaya asing.Ku d gntosna jabar jantn pasundan mudah2n mah tambih caket silaturohmi,antara,kluarga,kampung,suku jng nagara.

  4. Heri heryanto Says:

    Pasundan…. nami anu saluyu sareng karamahan

  5. Sandi Says:

    Sapagodos…
    Teteg panceg moal oyag moal petot..’SUNDA’ agung nanjer ngelebet moal soeh.

  6. dilla Says:

    Saha atuh nya calon gubernur Pasundan teh?mugia sing tiasa ngaraharjakeun rahayat sunda.

  7. autsutarsa Says:

    Satuju, saluyu pisan

  8. Ali incu ti tegal Says:

    untuk mengganti nama profinsi jawa barat dengan profinsi pasundan. itu ide cemerlang, saya sangat setuju.

  9. mang hatta Says:

    satyju pisan deek mah,, idem k deni suryana

  10. apux13 Says:

    satuju pisannn… saeunyanamah dede suyuf jeung luhurunanamah, musibah jang sabagaian warga sunda… titimiti ngajabat nepika kawarii mana kontribusna jang warga sunda…. ewuuuhhhhh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: