Pengaspalan Jalan Desa Cisarua Selesai

 

Jalan Desa Karangsoak ke Cisarua yang baru saja diaspal

Jalan Desa Karangsoak ke Cisarua yang baru saja diaspal

Pembangunan desa untuk pengerasan dan pengaspalan Jalan Desa Karak Soak ke Cisarua selesai dalam waktu 6 hari (minggu terakhir Juli 2009). Menurut Kepala Desa Mandalamekar, Yana Noviadi Pengeresan dan Pengaspalan Jalan Desa sepanjang 650 meter ini di danai dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk alokasi Pembangunan Jalan Desa Mandalamekar sebesar Rp. 43 juta. lebih lanjut, Jumlah dana tersebut tidak akan mampu menutupi pembangunan sepanjang itu kalau tidak didukung langsung oleh warga Cisarua dengan bergotong royong sepanjang hari (siang dan malam) untuk memperlancar proses pembangunan tersebut.

 

Warga Cisarua (ibu-ibu dan bapak) siang malam selama 6 hari melakukan kerja bakti

Warga Cisarua (ibu-ibu dan bapak) siang malam selama 6 hari melakukan kerja bakti

Menurut warga Cisarua, semangat untuk berpartisipasi langsung pada pembangunan sarana jalan ini karena warga menyadari betul akan pentingnya keberadaan jalan untuk memperlancar arus barang hasil pertanian dari warga yang seluruhnya petani ini. Siang malam warga CIsarua melakukan gotong royong untuk mempercepat proses pembangunan dan menutupi keterbatasan anggaran pembangunan. Warga sangat berharap lancarnya pembangunan jalan akan meningkatkan harga hasil hasil pertanian yang selama ini jadi andalan seperti kelapa, durian, padi dan lain sebagainya.

 

Stum pengganti yang sesuai dengan kondisi jalan di Cisarua

Stum pengganti yang sesuai dengan kondisi jalan di Cisarua

Sementara itu dalam proses pengerasan Pemerintah Desa harus mengeluarkan anggaran lebih karena Stum pertama tidak bisa digunakan karena terlalu besar dan harus mengganti dengan stum yang lebih kecil.  Jalan antara Karang Soak menuju Cisarua merupakan jalan yang penuh dengan tanjakan yang curam, berkelak-kelok dan kecil sehingga tidak memungkinkan kendaraan besar bisa dengan mudah melewati jalan tersebut. Tapi bagi warga setempat jalan tersebut urat nadi pembangunan dan kesejahteraan warga tersebut.

Tags: , ,

One Response to “Pengaspalan Jalan Desa Cisarua Selesai”

  1. gola Says:

    punten pa kades…
    dupi ka Tamansari bade iraha diaspalna?…
    hatur nuhun…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: